3 Jan 2013

Berapakah Biaya Tindakan Penyembuhan Penyakit Jantung Sebenarnya?


Di sini saya akan membahas tentang kesehatan jantung.  Jantung telah dianggap semua orang sebagai motor kehidupan, selayaknya mesin yang ada di kendaraan bermotor. bila mesin dalam kondisi yang selalu baik maka sudah pasti kendaraan tersebut bisa melaju di seluruh jalanan tanpa batas. begitu juga dengan jantung kita.  Bila jantung kita dalam kondisi yang prima maka kita bisa melakukan semua aktifitas apa saja yang disuka sepanjang hari tanpa batasan.

Namun masih banyak orang yang tidak atau kurang memperhatikan kondisi jantung (motor kehidupan)
mereka sendiri.  Kebanyakan mereka menganggap bahwa sakit/ tua merupakan takdir Ilahi (cape deehh).  Apakah kita akan menyerah kepada takdir yang telah di tetapkan Tuhan?  Takdir juga bisa dirubah dengan usaha dan doa para umat Tuhan.

Apakah Anda tahu biaya pengobatan/penyembuhan yang dikeluarkan bagi penderita penyakit jantung apabila sudah terserang? Murahkah?  Jawabannya adalah SANGAT MAHAL !!!

Saya akan menjabarkan sedikit diagnosa dan tindakan yang dilakukan rumah sakit dan biaya apa saja yang akan dikeluarkan bagi si pasien/keluarganya. 
  • Persentase penyumbatan > 50% di lebih dari 2 atau 3 pembuluh darah maka dilakukan Operasi Bypass
  • Keberhasilan operasi tergantung apabila fungsi jantung masih normal atau sedikit di bawah normal melalui pemeriksaan kateterisasi atau  echokardiography sekitar lebih dari 55 %
  • Apabila pemeriksaan kateterisasi di bawah 35 % maka resiko kegagalan operasi sangat besar
  • Operasi bypass dengan mengambil pembuluh darah pengganti dari pembuluh darah arteri yang ada di tangan dan di bawah dada. Biasanya bertahan hingga 20-25 tahun bebas serangan jantung.
  • Apa bila pembuluh darah diambil dari kaki maka bisa bertahan hingga 10-15 tahun pasca operasi.
  • Penyumbatan terjadi biasanya karena faktor diabetes, kolesterol dan pengentalan darah
  • Pasien yang memiliki darah kental harus melakukan terapi obat pengencer darah sebelum operasi.
  • Penggunaan Stent, Ring (dibalon dulu baru diring) hanya membebaskan penyumbatan selama 5-7 tahun pasca operasi dan secara alami penyumbatan akan terbentuk lagi.
  • Penggunaan balon (hanya dibalon tanpa ring) juga membebaskan penyumbatan selama 2-3 tahun dan akan kembali tersumbat secara alami.
  • Biaya Balon adalahyang paling murah sedangkan biaya Stent tergantung dari jenis Stent yang dipakai, Stent yang bagus bisa bertahan sampai 7 tahun dengan harga 1 buah Stent sekirtar 45-75 juta rupiah belum termasuk biaya kateternya, jasa dokter dan biaya rawat inap.
  • Jika jumlah penyumbatan lebih dari 2 atau 3 penyumbatan maka sudah bisa di hitung biayanya yaitu sekitar 150-250 juta.
  • Tindakan operasi bypass biasanya bisa dilakukan 2-5 bypass dalam waktu 3-4 jam dengan biaya kurang lebih  150-200 juta (paket operasi dan rawat inap selama 7-10 hari)
Tindakan operasi tersebut di atas juga memiliki resiko yaitu:
Jika pada proses pelebaran pembuluh darah untuk memasang ring atau stent pembuluh darahnya pecah maka harus segera dilakukan operasi bypass. (uang dan nyawa adalah taruhannya)

Segala bentuk penyakit lainnya yang diidap si pasien seperti usia, tekanan darah tinggi, Diabetes militus, kolesterol tidak menjadi faktor yang membahayakan operasi jantung selama fungsi jantung masih normal.

Tetapi usia di atas  70 tahun apabila organ-organ lain ( ginjal, hati, pencernaan dll) masih baik maka tidak ada resiko untukdilakukan operasi jantung.

Jadi.... peliharalah kesehatan jantung Anda mulai dari sekarang dan jangan di tunda-tunda.

Ingat...! Uang kecil bisa beli kesehatan. Jika kamu tidak paksa diri keluarkan uang kecil untuk perawatan sekarang, maka kamu akan dipaksa mengeluarkan uang besar untuk penyembuhan.  Simpel toh!

Mau tahu kekuatan uang kecil tersebut?
Hubungi saya di 0838 9789 8125 atau blackberry 225bc55f

Tidak ada komentar:

Posting Komentar