31 Des 2012

Apa Yang Harus Diketahui Sebelum Memasuki Dunia Bisnis Network Marketing


 Halo teman-teman…
Langsung saja ya kita bahas tentang “apa saja yang harus kita ketahui sebelum memasuki dunia bisnis network marketing”

Mari kita mulai dengan “produk”

Produk yang baik dan dicintai pelanggan Anda, adalah salah satu faktor penting yang akan menjamin pendapatan residual Anda. Pada umum-nya kriteria-kriteria berikut dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan pilihan Anda;

Apakah kualitas produk-nya baik dan dapat dirasakan manfaat-nya oleh konsumen Anda?

Dari kaca mata bisnis, produk yang baik adalah penting untuk pelanggan Anda! Bukan untuk Anda! Sering saya dengar orang-orang yang ditawari kesempatan bisnis network marketing, memberikan alasan sbb; “saya coba dulu produk-nya yaa…, nanti kalo ternyata saya cocok dan puas, saya akan pertimbangkan untuk menjalankan bisnisnya deh…”.
95% dari orang-orang yang berkata demikian, Saya jamin, tidak akan pernah memberikan kesempatan kepada dirinya untuk memulai bisnisnya sendiri! Kenapa demikian?
Pernahkah Anda melihat seorang perempuan menjual baju laki-laki?? Apakah penjual rokok mencoba semua jenis dan merek rokok yang dijualnya?? 

(blogger yang B I J A K selalu mencantumkan link sumber/author/penulis artikel)
 
Sip….! Anda sudah mengerti sekarang! Jadi, kalau Anda benar-benar melakukan pendekatan secara bisnis, Anda akan melihat bahwa produk yang baik adalah penting untuk mendapatkan pelanggan bagi Anda, bukan untuk Anda! Cara yang paling cepat & efektif untuk Anda mengetahui kualitas produk-nya adalah dengan bertanya kepada orang-orang yang pernah menggunakan produk tersebut, mempelajari prestasi-penghargaan-referensi yang didapat produk tersebut, melihat sudah berapa lama produk tersebut dipasarkan, dlsbnya. Produk yang rendah kualitasnya, tidak akan bertahan lama di pasar! Itu saja logika sederhananya! Jika sebuah perusahaan network marketing sudah berdiri lebih dari 10 tahun, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki produk yang bagus kualitasnya.

Apakah produk-nya dibutuhkan oleh orang banyak dan sesuai dengan tren yang ada?

Anda harus jeli melihat tren yang ada dan berkembang ditengah masyarakat pada saat ini. Lihat disekeliling Anda, buka mata dan pikiran Anda, apa yang sedang menjadi tren saat ini? Faktor ini sangat penting, Taufiq! Ingat booming otomotif? booming properti? Booming teknologi? What is the next booming???
Satu hal lagi; konsumabel! Jika Anda ingin mendapatkan residual income, maka sebaiknya produk yang Anda pasarkan harus konsumabel; habis terpakai.

Apakah harga dan kualitas-nya seimbang?

Untuk menilai apakah harga produk sesuai dengan kualitas yang didapat, memang agak sulit. Tapi, jika Anda mau sedikit mengalokasikan waktu untuk mempelajari produk sejenis yang ada di pasaran, maka Anda akan mendapatkan sebuah perbandingannya yang dapat dipertanggung-jawabkan.
Pada umumnya, produk-produk dari perusahaan network marketing adalah tinggi dan diatas rata-rata kualitas produk sejenis. Mengapa demikian?
Karena satu-satunya cara untuk mempertahankan jumlah distributor dan network yang ada pada perusahaan network marketing adalah dengan menyediakan produk yang berkualitas lebih tinggi dari yang ada di pasaran. Disamping itu, perusahaan network marketing tidak perlu mengalokasikan dana jutaan dollar untuk distribusi dan advertisement, sehingga mereka dapat mempergunakan lebih banyak dana untuk melakukan riset & development produk.

Apakah rangkaian produk-nya beraneka ragam?

Pada umumnya, dibisnis konvensional, Anda hanya akan mendapatkan keagenan (hak menjual) atas satu jenis produk saja. Jika Anda mendaftarkan perusahaan Anda pada bidang distribusi otomotif, maka Anda tidak akan mendapatkan izin keagenan untuk produk teknologi informasi, dlsbnya. Demikianlah aturannya.
Di network marketing, Anda mendapatkan keleluasaan untuk dapat memasarkan lebih dari satu jenis produk, sehingga akan menghasilkan banyak sumber penghasilan bagi Anda. Oleh karena itulah, manfaatkan keistimewaan yang Anda miliki, dengan cara memilih perusahaan yang memasarkan banyak dan beraneka ragam produk. Memilih perusahaan network marketing yang hanya memasarkan 1 jenis produk, sama artinya dengan membatasi kemungkinan sumber pendapatan Anda. Tidak perduli bagaimana bagusnya produk tersebut!
Perlu juga diingat, pelanggan Anda lebih suka untuk mendapatkan beraneka ragam produk berkualitas tinggi dari satu sumber saja (Anda!). Bukankah Anda juga demikian?

Apa yang membedakan produk/jasa yang Anda pasarkan, dibandingkan kompetitor Anda?

Sebagai seorang pebisnis, memiliki produk/jasa yang tidak dimiliki oleh kompetitor adalah suatu hal yang paling penting. Jika semua kompetitor Anda memiliki apa yang Anda miliki, maka usaha Anda untuk mencapai kesuksesan akan menjadi terhambat. Cari dan lihat perusahaan network marketing yang memiliki produk/jasa yang berbeda dari semua kompetitor Anda!

“Tapi, mayoritas perusahaan network marketing yang bagus, menjual vitamin, suplemen, dan kosmetik! Bagaimana caranya saya memilih yang berbeda???”

Lakukan penelitian, lihat dan pelajari, perusahaan mana yang memiliki sesuatu yang berbeda dan berguna untuk pelanggan Anda.  Jika Anda sempat membaca dokumen yang pernah saya berikan tempo hari, maka seharusnya Anda sudah menemukan perusahaan yang memberikan sesuatu yang berbeda dan berguna, sekaligus memberikan hak monopoli bisnis untuk Anda!
Sekarang, apakah anda sudah menemukan jenis bisnis network marketing yang saya telah sebutkan kriterianya di atas?  Jika belum, saya akan memberikan salah satu bisnis network marketing yang “Mungkin” sesuai dengan yang anda butuhkan.

Hubungi saya di:
0813 80 959 109
Taufiq Azhary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar