29 Des 2012

Tidak Ada Hadits Yang Shahih Tentang Ritual Doa Akhir Dan Awal Tahun


Adakah doa untuk akhir tahun dan awal tahun?

Tidak ada hadits yang shahih tentang doa akhir dan awal tahun, Haditsnya Palsu. Siapa beramal dengannya atas nama Nabi, maka dia telah Berdusta atas Nama Nabi.

Al-Maqrizi meriwayatkan bahwa yang pertama kali mengadakan Ritual akhir dan awal tahun adalah BANI FATHIMIYAH, salah satu Sekte SYI'AH/ RAFIDHAH.


Bani Fathimiyah mengadakan ritual akhir dan awal tahun dengan alasan supaya TAK KALAH Dengan ORANG NASHRANI yang mengadakan MISA AKHIR & AWAL TAHUN.
Bila kita merayakan akhir dan awal tahun serupa dengan ritual tersebut, berarti telah TASYABBUH (menyerupai) dengan orang Kafir. Siapa yg menyerupai orang Yahudi atau Nashrani maka dia termasuk golongan mereka.

Karena tidak ada petunjuk dan contoh dari al-Qur'an, Sunnah Nabi, serta para Shahabat Nabi, tak pula Imam-Imam Ahlus Sunnah, maka mengamalkan ritual tersebut adalah bid'ah dan tertolak. Tinggalkan amalan-amalan seperti itu, sebaik apapun amal tersebut tapi tidak ada petunjuk maka tertolak.
Barang siapa yang MENGANGGAP BAIK SUATU AMALAN (padahal tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah) berarti dia telah MENCIPTAKAN HUKUM SYARA (syari’at) SENDIRI. 

Islam sudah sempurna diturunkan oleh Allah melalui Rasulullah, jadi apabila mengamalkan hal tersebut berarti kita menganggap Rasulullah belum sempurna menyampaikan Risalah Allah... Na'udzubillah !

"Allahumma Innaa Bura-aa-u Min Maa Ya'maluun"
Ya Allah kami berlepas diri dari apa yg mereka lakukan.

Salam !

Sumber: Kajian Tematis Al Quran Dan As Sunnah (blackberry pin: 284C70C3)

2 komentar:

  1. memang tdk ada hadis yg menerangkan hal itu, tapi jika kita berdoa kepada Allah agar di tahun ini kita diberi keselamatan, dll tidak salah,... berdoa kapan saja boleh.... selama yg didoakan tdk bertentangan dg syara'...

    BalasHapus
  2. Benar mas amsori, yg dimaksud pada postingan di atas adalah ritual doa nya. Terima kasih atas komennya, semoga kita tetap dlm bimbingan Allah SWT

    BalasHapus